Sambutan Rektor ISI Surakarta

Para pemirsa yang budiman, pertama-tama perkenankan saya menyampaikan puji syukur ke hadapan Tuhan Yang Maha Kasih, bahwa sampai saat ini kita semua masih diberikan berkat dan rahmat berkelimpahan. Selanjutnya dalam kesempatan ini perkenankan saya menyampaikan sambutan singkat saya.

ISI Surakarta sebagai institusi pendidikan tinggi berkewajiban mengembangkan ilmu seni dan teknologi dalam konteks kreativitas seni, sesuai paradigma otonomi keilmuan dan kekaryaan seni. Orientasinya diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompentensi unggul dalam bidangnya dan memiliki komitmen terhadap kemajuan peradaban manusia, khususnya bangsa Indonesia selaras dengan gerak pembangunan nasional bagi kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.

Visi, misi, dan tujuan ISI Surakarta hanya dapat tercapai jika didukung suatu rencana strategis yang dituangkan dalam tiga pilar sebagai kerangka umum strategi pengembangan dan rencana operasionalnya. Salah satu pilar itu adalah Pemerataan dan Perluasan Akses Pendidikan meliputi persoalan-persoalan dasar pengembangan pendidikan tinggi khususnya ISI Surakarta yang relevan untuk mengaktualisasi visi dan misi lembaga. Salah satu rumusan atas permasalahan-permasalahan yang ada yakni peningkatan sistem ICT dalam pendidikan. Oleh karena itu, ISI Surakarta akan mengembangkan sistem teknologi komunikasi dan informasi dalam pendidikan.

Hal ini didasarkan atas pemikiran bahwa ICT merupakan sebuah peluang sekaligus merupakan sebuah tantangan. Kemajuan teknologi yang sangat pesat, terutama teknologi informasi dan komunikasi memberikan peluang berkembangnya seni berbasis ICT. Demikian juga kebutuhan masyarakat akan berbagai informasi melalui media memerlukan sentuhan seni merupakan sebuah peluang. Sebaliknya pengembangan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, serta persaingan di pasaran kerja dalam era informasi dan atau globalisasi, memerlukan penguasaan dan pemanfaatan teknologi mutakhir merupakan sebuah tantangan. Demikian pula kepercayaan masyarakat dunia terhadap ISI Surakarta sebagai pusat studi seni akan berkurang apabila tidak didukung oleh kemasan-kemasan informasi yang disebarkan lewat jasa teknologi mutakhir.

Demikian sambutan singkat ini, kurang lebihnya mohon maaf, Tuhan memberkati siapapun yang berkehendak baik.